BUKU AJAR ILMU KARDIOVASKULAR: Berbasis Standar Nasional Pendidikan Profesi Dokter Jilid 1

Penulis

Andrianto Andrianto
UNIVERSITAS AIRLANGGA
I Gde Rurus Suryawan Suryawan
UNIVERSITAS AIRLANGGA
Meity Ardiana Ardiana
UNIVERSITAS AIRLANGGA
Budi Susetyo Pikir
UNIVERSITAS AIRLANGGA
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20473/aup.1046

Kata Kunci:

kardiovaskular, penyakit kardiovaskular, pendidikan, profesi dokter

##submission.synopsis##

Sebagaimana diketahui Standar Nasional Pendidikan Profesi Dokter Indonesia disusun untuk menjadi acuan bagi institusi dalam menyelenggarakan pendidikan dokter baik di tahap akademik dan profesi. Standarisasi pendidikan bertujuan untuk memastikan institusi pendidikan kedokteran di Indonesia menyelenggarakan pendidikan dan menghasilkan lulusan dokter yang berkualitas sesuai konteks yang berkembang di Indonesia dan dapat bersaing dengan negara lain. Menurut Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia Nomor 12 Tahun 2013, kompetensi adalah kemampuan mencermati dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dalam meningkatkan keterampilan klinis praktis dalam bidang kedokteran serta mampu mengembangkan profesi melalui kegiatan penelitian dan pengetahuan terkini dalam bidang kedokteran. Buku ini berisi materi yang terdiri dari anatomi dan fisiologi kardiovaskular dasar, anamnesis dan pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang penyakit kardiovaskular serta berbagai penyakit kardiovaskular sebagaimana tercantum dalam daftar penyakit dan kompetensi level I (mengenali dan merujuk), level II (mendiagnosis dan merujuk) dan level III A (mendiagnosis, melakukan tata laksana awal dan merujuk tanpa kegawatdaruratan) yang harus dicapai pada akhir masa pendidikan profesi dokter. Buku ini melengkapi materi pembelajaran tentang kegawatdaruratan kardiovaskular dengan capaian kompetensi level III B (mendiagnosis, melakukan tata laksana awal dan merujuk kasus kegawatdaruratan kardiovaskular) yang telah terbit lebih dahulu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Drake RL, Vogl AW, Mitchell AWM. Gray’s anatomy for students. Third Edition. Philadelphia: Churchill Livingstone Elsevier; 2015.

Paulsen F, Waschke J. Sobotta atlas of human anatomy internal organ. 15th Edition. Germany: Elsevier; 2014.

Netter FH. Atlas of human anatomy. 6th Edition. Philadelphia: Saunders Elsevier; 2014. (Gambar 1.1)

Hall JE. Guyton and hall textbook of medical physiology. 13th Edition. Philadelphia: Elsevier; 2016.

Sherwood L. Human physiology: from cells to system. Ninth Edition. Boston: Cengage Learning; 2016.

Costanzo LS. Physiology. Sixth Edition. Philadelphia: Elsevier; 2018.

Longo DL, Fauci AS, Kasper DL, Hauser SL, Jameson JL, Loscalzo J, editors. Harrison’s principles of internal medicine. 18th Edition. United States: McGraw-Hill; 2012.

Goldberger E. Textbook of clinical cardiology. United States of America: The C. V. Mosby Company; 1982.

Prabowo P, Joewono B, Soemantri D, Pikir BISA, Soetomo M, Boestan I, Atmoko R, Baktiyasa B, Yogiarto M, Suryawan R, Karjono J. Ilmu penyakit jantung. Edisi Ke-1. Surabaya: Airlangga University Press; 2013.h.1-9.

Thomas J, Monaghan T. Oxford handbook of clinical examination and practical skills. 2nd Edition. United Kingdom: Oxford University Press; 2014.

Yuniardi Y, Doni YH, Anna UR, et al. Buku ajar kardiovaskular FKUI. Jakarta: Sagung Seto; 2017.

Churchhouse A, Ormerod J. Crash course cardiology. 4th Edition. United States: Elsevier Limited; 2013.

Rampengan SH. Buku praktis kardiologi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI; 2014.

Bickley LS, Szilagyi PG, Hoffman RM. Bates’ guide to physical examination and history taking. Twelfth Edition. North America: Wolters Kluwer; 2017.

BISAC

  • MED010000 Medical / Cardiology
  • MED000000 Medical / General
  • MED024000 Medical / Education & Training

##catalog.published##

March 8, 2024

##series.series##