Komunikasi Organisasi di Tengah Persaingan Bisnis

Penulis

Santi Isnaini
Ratih Puspa
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20473/aup.1380

Kata Kunci:

ilmu komunikasi, komunikasi organisasi

##submission.synopsis##

Buku ini disusun sebagai bahan ajar untuk mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi. Buku ini bertujuan untuk menyediakan pemahaman mendalam mengenai berbagai aspek komunikasi dalam konteks organisasi, serta memfasilitasi pembelajaran yang komprehensif bagi mahasiswa S1.
Mata kuliah Komunikasi Organisasi memegang peranan penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk memahami dinamika komunikasi di lingkungan kerja dan organisasi. Mata kuliah ini tidak hanya membahas konsep-konsep dasar komunikasi, tetapi juga menyelidiki bagaimana komunikasi memengaruhi struktur, budaya, dan proses dalam organisasi. Tujuan utamanya adalah agar mahasiswa dapat memahami dan mengelola komunikasi dalam berbagai situasi organisasi secara efektif.
Buku ini memberikan penekanan terhadap pemahaman tentang bagaimana komunikasi dapat memengaruhi berbagai aspek organisasi, seperti struktur, budaya, pengambilan keputusan, dan manajemen konflik. Kami berharap mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan analitis dan praktis untuk mengatasi tantangan komunikasi yang kompleks di lingkungan kerja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Albrecht, T. L., Burleson, B. R., & Goldsmith, D. (1995). Supportive Communication. Thousand Oaks: Sage.

Alessandri, G., Perinelli, E., Robins, R., Vecchione, M., & Filosa, L. (2020). Personality trait change at work: Associations with organizational socialization and identification. Journal of Personality, 1-37. https://doi.org/10.1111/jopy.12647

Alvesson, M. (2002). Understanding Organizational Culture. Thousand Oaks: SAGE Publications Ltd.

Aryani, R., & Wibowo. (2020). The determinant of organizational culture and its impact on organization: A conceptual framework. Journal of Management and Business Studies, 64-70.

Arat, Z. F. K., & Waring, D. (2021). Rethinking work, the right to work, and automation. Journal of Human Rights, 21(1), 56–72. https://doi.org/10.1080/14754835.2021.1976121

Ashforth, B. E., & Humphrey, R. H. (1993). Emotional Labor in Service Roles: The Influence of Identity. Academy of Management Review, 18, 88–115.

Bantz, C. R. (1993). Understanding Organizations: Interpreting Organizational Communication Cultures (Studies in Communication Processes). Columbia: University of South Carolina Press.

Barge, J. K., Lee, M., Maddux, K., Nabring, R., & Townsend, B. (2008). Managing Dualities in Planned Change Initiatives. Journal of Applied Communication Research, 36, 364–390.

Barley, W. C., Leonardi, P. M., & Bailey, D. E. (2012). Engineering Objects for Collaboration: Strategies of Ambiguity and Clarity at Knowledge Boundaries. Human Communication Research, 38, 280–308.

Baydili, I. (2023). Intra-group and inter-group conflict management and resolution. In S. A. Harriott (Ed.), Comprehensive Approaches to Conflict Resolution (Chapter 7). IGI Global.

Bernstein, R. J. (1976). The Restructuring of Social and Political Theory. Philadelphia: University of Pennsylvania Press.

Blake, R., & Mouton, J. (1964). The Managerial Grid. Houston: Gulf.

BISAC

  • BUS007000 Business & Economics / Business Communication / General

##catalog.published##

September 4, 2025

##catalog.categories##